Mahasiswa Administrasi Bisnis Melakukan Kunjungan Industri di PT. Mirota KSM Yogyakarta

Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar melakukan kunjungan industry  di PT. Mirota KSM sebagai bagian dari kegiatan Benchmarking yang diikuti 62 didampingi oleh 2 Dosen dan satu Tenaga Kependidikan Mahasiswa.  PT. Mirota sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi Susu yang pasarkan berkualitas, aman, dengan harga terjangkau, dan halal dikonsumsi. Selama proses produksi susu, perusahaan menerapkan standar Good Manufacturing Practice (GMP) dan mengacu pada standar ISO 22000.

Pada kesempatan itu Pendamping dari PT. Mirota menjelaskan Bagian dari sistem manajemen mutu di PT. Mirota KSM adalah quality assurance (QA) dan quality control (QC), yang bertugas melakukan penjaminan dan pengawasan mutu produk susu selama proses produksi. Sarana dan prasarana yang digunakan untuk mendukung pengawasan mutu adalah dengan tersedianya laboratorium kimia dan mikrobiologi. Bahan yang memiliki sertifikat Certificate of Analysis (CoA) juga tetap diuji secara kimia dan mikrobiologi oleh laborat yang kompeten dibidangnya. Selain itu, standar hasil pemeriksaan yang digunakan juga telah sesuai dengan batas pemerintah indonesia (Badan Pengawasan Obat dan Makanan Indonesia/BPOM).

PT. Mirota memiliki sistem teknologi yang lebih modern. Sistem teknologi diharapkan dapat memberikan output yang lebih aman, cepat, efisien, dan memberi manfaat yang semakin besar kepada konsumen. Dari penjelasan manajemen PT. Mirota tersebut membuat Mahasiswa bertanya mengenai sejarah berdirinya PT. Mirota, proses produksi,proses penyimpanan hingga proses pengelolaan limbah dan lainnya. Selasin menjelaskan mengenai Mirota Mahasiswa dan beberapa dosen pendamping Bapak Dr. Aris Baharuddin dan Ibu Dr. Maya Kasmita serta Ibu A. Mahdiana Mardatillah juga diajak berkeliling pada PT. Mirota dimulai dari gudang penyimpanan,ruang produksi dan berakhir pada pengelolahan limbah produksi.

Mahasiswa sangat antusia mengikuti kegiatan tersebut dengan mencatat semua penjelasan dari pendamping dari pihak PT. Mirota dengan tujuan agar mereka mampu mendeskripsikan kunjungan industri ini. Disamping itu tujuan dari benchmarking pada PT. Mirota ini mahasiswa mampu mengobservasi manajemen pemasaran sehingga mahasiswa program studi administrasi bisnis dapat melihat kualitas produk, promosi dan pengenalan produk, reputasi merk, daluran distribusi, kapasitas produksi,tenaga kerja, sarana dan pelayanan. Dari indikator tersebut mahasiswa dapat memberikan observasi industri tersebut dalam sebuah analisis.  Sehingga tujuan dari benchmarking ini dapat terpenuhi.