Dua Tim Peneliti Administrasi Bisnis Lolos Penelitian Pemerintah Kota Makassar

Dalam rangka mendukung pelaksanaan visi misi dan program prioritas Wali Kota Makassar, khususnya dari sisi riset dan kajian,  Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Makassar (Balitbangda) melaksanakan kegiatan Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah Tahun 2024. Kegiatan tersebut tentunya bertujuan untuk dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat Kota Makassar ,mencari solusi yang inovatif, dan merencanakan langkah-langkah untuk memajukan kualitas hidup warga kota Makaassar.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut Balitbangda Kota Makassar dengan nomor surat 810/72/BPPD/I/2024 tertanggal 29 Januari 2024  telah mengirimkan surat pemberitahuan Penelitian Pembangunan Daerah kepada seluruh Perguruan Tinggi di Makassar yang memiliki pevjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kota Makassar, termasuk Universitas Negeri Makassar.

Menyambut surat tersebut Prodi Administrasi  Bisnis langsung membentuk tim untuk ikut dan berpartisipasi pada kegiatan tersebut dan setelah melalui tahap pemasukan proposal Prodi Administrasi Bisnis berhasil meloloskan 2 Tim penelitinya. Kedua Tim tersebut adalah Dr. Maya Kasmita, S. STP., M.AP sebagai ketua penelitii dengan anggota Yusi Irensi Seppa, SE., MM dan Siti Wafikah Wardah, SH., MH pada bidang penelitian dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat  Sedanglam tim kedua Adalah Dr. Ir. Muh. Rizal S, ST., S.SAN., M. Pd., IPM dengan anggota Muhammad Luthfi Siraj, S. Pd., M. Pd dan Syarifuddin, S. Sos., M. AP  pada Bidang Penelitian dan Pengembangan Koperasi, Usaha Kecil dan menengah.

Dekan Fakultäs Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar,  Prof. Dr. Jumadi, S., S. Pd., M.Si sangat mengapresiasi hasil yang dicapai oleh Tim Peneliti dari Prodi Administrasi Bisnis dań sangat berharap agar prestasi tersebut dapat diikuti oleh prodi lain pada masa yang akan datang dan lebih lanjut berterimakasih kepada Pemerintah Kota Makassar dan Balitbangda Kota Makassar atas kepercayaan yang diberikan.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Prodi Administrasi Bisnis Dr. Ir. Muh. Rizal S, ST., S.AN., M. Pd., IPM  yang menyatakan bahwa hasil ini tentunya merupakan wujud nyata keterlibatan dari Dosen Prodi Administrasi Bisnis dalam mendukung segala Program Pemerintah Kota Makassar dan Juga sebagai salah bagian implementasi Tri Dharma perguruan tinggi pada bidang penelitan dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk melihat kesiapan setelah lolosnya kedua tim tersebut, Balitbangda Kota Makassar berserta seluru tim peneliti yang lolos telah melaksanakan Idea Concept Paper (ICP) untuk menyamakan persepsi dan seminar proposal untuk melihat sejauh mana konsep yang ditawarkan oleh peneliti, dan dari seminar tersebut semua Tim mendapatkan masukan yang luar biasa dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Makassar. Bapak Nirman Niswan Mungkasa, ST., M. AP, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Balitbangda Kota Makassar Bapak Muhammad Amri, S. STP., M. AP serta seluruh Dinas yang Terkait dalam Penelitian ini.

Pada kesempatan tersebut para narasumber memberikan masukan-masukannya agar peneltian yang akan dihasilkan nanti bermanfaat dan dapat digunakan sebagai rujukan yang mendukung bagi program-program dari Pemerintah Kota Makassar