Webibnar Nasional HIMANIS FIS-H UNM

Himpunan Mahasiswa Administrasi Bisnis Departemen Kewirausahaan dan Kemitraan  melaksanakan Webinar Nasional yang merupakan program kerja dari HIMANIS FIS-H UNM Periode 2022/2023.

Kegiatan Webinar yang dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2022  ini mengangkat tema “the power of entrepreneurship in digital era”. Menurut Ketua Panitia Tema ini diangkat karena di era yang serba digital saat ini, berwirausaha adalah jalan yang banyak ditempuh, hal ini tentu saja dilakukan agar mengurangi pengangguran yang ada. Menjadi seorang pengusaha juga tentunya akan menjadi solusi dan berperan secara vital dalam mendukung pembangunan ekonomi bangsa. Dengan jumlah pengusaha yang banyak maka akan menciptakan lapangan kerja, pertumbuhan dan pembangunan, dan inovasi.

Menurut data Kementerian Perindustrian Republik Indonesia pada tahun 2018 yang menyatakan bahwa paling tidak Indonesia membutuhkan sekitar 4 juta pengusaha baru untuk

dapat mendorong pertumbuhan, penguatan, dan pembangunan ekonomi Indonesia. Hal ini karena rasio pengusaha Indonesia hanya sekitar 1,65 persen dari jumlah total populasi di

Indonesia.

Webinar  Nasional yang dibuka oleh Wakili Dekan 2 Bidang Administrasi dan Keuangan Ibu Dr. Hj. Andi Aslinda dan didampingi oleh Ketua Prodi Administrasi Bisnis Bapak.                                Ir. Muh. Rizal S, ST., S.AN., M.Pd menghadirkan 2 pemateri yaitu Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA., Ph.D yang juga sebabagai Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dan  Zainuddin, S.E,. M.M juga Kepala bidang pemberdayaan dan pengembangan koperasi dan usaha kecil Provinsi Sulawesi Selatan).

Peserta Kegiatan Webinar selain dihadiri oleh dosen dan Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Negeri Makassar juga dihadiri mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia diantaranya Universitas Sintuwu Maroso, Universitas Bandar Lampung, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang yang diselenggarakan secara online via zoom cloud meeting.

Adapun Tujuan dari kegiatan ini adalah Menciptakan dan menumbuhkan wawasan dan semangat dalam berwirausaha, Menanamkan pemikiran akan pentingnya kewirausahaan di era digital dengan mengedepankan kreatifitas dan inovasi serta Menjadi forum dalam pengembangan ide dan kreatifitas dalam berwirausaha.

“Proses digitaliasi UMKM dapat menjadi solusi terhadap pemasaran global, hingga management yang lebih baik sehingga UMKM dapat bersaing dalam era masa depan lebih baik”. Ungkap Zainuddin, salah satu pemateri di National Webinar tersebut sedangkan  Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA,. Ph.D juga menegaskan bahwa perkembangan teknologi dan sumber daya manusia harus berjalan beriringan agar tidak terjadi ketimpangan didalamnya.