Tourism Marketing Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis FIS-H UNM

Pemasaran pariwisata atau tourism marketing adalah istilah yang digunakan yang merujuk kepada disiplin bisnis yang biasa digunakan agar pengunjung tertarik ke lokasi tertentu. Tourism marketing terkait dengan strategi pemasaran dibidang pariwisata pada sebuah negara tentunya dengan tujuan untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Saat ini pariwisata dipandang sangan penting oleh beberapa negara karena dengan kunjungan para wisatawan ke sebuah negara akan berperan penting dalan meningkatkan GDB Mereka.

Begitu Pentingnya Pariwisata Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM dalam kurikulumnya mamasukkan Tourism Marketing sebagai salah mata kuliah yang wajib diambil oleh para mahasiswa dalam rangka menyelesaikan pendidikannya di Administrasi bisnis tentunya dengan harapan agar mahasiswa memliki pengetahuan bagaimana mengelola sebuah obyek wisata agar manfaatnya bukan hanya di rasakan oleh para wisatawan namun juga dapat dirasakan keberadaannya oleh masyarakat setempat dengan mengembangkan jiwa wirausaha masyarakat agar dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat setempat dan tentunya dengan wisata maka pemasukan negara. Dari sektor ini dapat membantu bergeraknya roda perekonomian bangsa.

Untuk mengenalkan hal tersebut kepada mahasiswa maka Program Studi Adminisrasi Bisnis melakukan kunjungan ke salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal di Bulukumba yaitu Bara. Kunjungan tersebut di ikuti oleh seluruh mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah tersebut dan di damping oleh seluruh dosen Administrasi Bisnis dalam kapasitas sebagai pembimbing lapangan konsep dari kunjungan tersebut adalah Chase Methode karena mahasiswa diberi instumen dalam mengukur keberhasilan pengelolaan pariwisata di Bulukumba terutama Bara dari hasil isntrument itu nanti akan diberikan rekomendasi kepada pihak terkait dan juga bagi mahasiswa bisa ditingkatkan menjadi sebuah projek yang mendukung proses pembelajaran yaitu Projek Base Learning (PBL).

Dimasa yang akan datang kegiatan tersebut akan tetap dilaksanakan dan sudah menjadi program Tahunan dari Prodi Administrasi Bisnis tentunya dengan obyek wisata yang lain